Home > Seni-budaya > Dihadiri Ratusan Orang, Buku 100 Tokoh Karo Diluncurkan

Dihadiri Ratusan Orang, Buku 100 Tokoh Karo Diluncurkan

Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST MSi, didampingi Wagubsu Ir H Tengku Erry Nuradi MSi, Ketua DPRD Sumut H Saleh Bangun, Drs Sahrianta Tarigan MA (Belakang Wagubsu), Serta Ginting, Pengarapen Sinulingga (Mantan Kakanwil I Sumbagut PT Jamsostek), serta undangan lainnya menari di sela-sela peluncuran Buku 100 Tokoh Karo, Rabu (10/9) malam di Hotel Tiara Medan. (SIB)

Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST MSi, didampingi Wagubsu Ir H Tengku Erry Nuradi MSi, Ketua DPRD Sumut H Saleh Bangun, Drs Sahrianta Tarigan MA (Belakang Wagubsu), Serta Ginting, Pengarapen Sinulingga (Mantan Kakanwil I Sumbagut PT Jamsostek), serta undangan lainnya menari di sela-sela peluncuran Buku 100 Tokoh Karo, Rabu (10/9) malam di Hotel Tiara Medan. (SIB)

MEDAN: Gubsu  H Gatot Pujo Nugroho ST MSi, meluncurkan Buku 100 Tokoh Karo Kompilasi Profil Inspiratif di Hotel Tiara Medan, Rabu (10/9).

Peluncuran buku ditandai dengan penekanan sirine dan pagelaran tari adat karo yang disaksikan olah tokoh-tokoh Karo dan pejabat Pemprovsu dan kabupaten/kota yang hadir.

Buku yang diterbitkan oleh penulis Tania Depari itu memuat 100 tokoh-tokoh yang dianggap banyak berjasa dan berpengaruh bagi kemajuan Tanah Karo, Sumut  juga Indonesia.

Hadir dalam peluncuran itu, Wagubsu Ir H Tengku Erry Nuradi MSi, Ketua DPRD Sumut H Saleh Bangun, Direksi Bank Sumut Ester Junita Ginting, Drs Sahrianta Tarigan MA (Mantan Anggota DPRD DKI), Serta Ginting, Pengarapen Sinulingga (Mantan Kakanwil I Sumbagut PT Jamsostek) , Derom Bangun (Pengusaha), Eka Sari Lorena Soerbakti MBA (Ketua Umum Organda Pusat) Ir Sastra Ginting MS, pengusaha Ny Sembiring dan ratusan undangan lainnya.

Gubsu saat memberi sambutan mengatakan bahwa malam itu  adalah malam  yang cukup bersejarah bagi semua.

“Karena pada malam  ini,  kita menjadi saksi atas peluncuran buku seratus tokoh Karo mengabdi bagi negeri Indonesia.

Terbitnya buku 100 tokoh Karo ini patut disambut gembira.  Karena dalam buku ini terlihat sebuah kompilasi profil inspiratif tokoh-tokoh tanah Karo yang banyak berjasa dan berpengaruh,” katanya.

Kumpulan biografi singkat putra-putri Indonesia dari Karo ini berasal dari beragam profesi mulai dari PNS, pegawai swasta, pegawai BUMN, seniman dan pengusaha yang merintis perjuangan dari titik nol maupun yang memang lahir dari keluarga sukses.

“Maka itu saya menyampaikan apresiasi terhadap ide penulis untuk menerbitkan buku ini.

Ide ini cukup baik kalau bisa buku ini tersosialisasi ke seluruh masyarakat Karo, khususnya dan masyarakat Sumut umumnya agar bisa menjadi sumber inspirasi dan suri tauladan bagi generasi muda dan masyarakat untuk lebih giat berkarya dan menggapai mimpi,” harapnya.

Jadi, kata dia, ada cara untuk mencapai jalan sukses dan sukses itu ternyata dari berbagai bidang.

Dan dari buku ini dapat kita petik suri tauladan bagaimana seorang tokoh dengan keteguhan dan keikhlasanya mengabdi kepada masyarakat bangsa dan negara disamping harus menghadapi kenyataan dan realita pada era berjalan.

“Hanya kerja keras dan keyakinan yang tinggilah para tokoh dalam buku ini mampu melaksakan tugasi -tugasnya.

Sehingga keberadaanya tidak hanya berguna bagi diri maupun keluarganya,  semata melainkan bagi masyarakat dan umat manusia,” katanya.

Sementara itu penulis Buku 100 Tokoh Karo Tania Depari, berharap buku yang telah diluncurkan ini dapat tersebar di perpustakan di daerah-daerah dan pelosok desa sehingga dapat dibaca oleh semua orang.

“Acara ini juga bisa menunjukan kalau orang Karo  Indonesia masa kini telah ikut dan berkarya membangun bangsa ini dengan baik.

Juga membuktikan bagaimana orang Karo dengan pemikiran dan keahlianya menjadi pelaku pembangunan,” sambung Drs Sahrianta Tarigan MA.

Sahrianta menjelaskan, buku ini juga  dapat memperoleh manfaat dan mewarisi semangat pengabdian para tokoh Karo kepada generasi muda  dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini akan menambah khasanah buku-buku penting tentang tokoh-tokoh Sumut yang sudah terbit lebih dulu.

“Saya berharap penerbitan buku ini akan mendorong para penulis lainya untuk berkarya dan melahirkan buku-buku yang inspiratif.

Sehingga dapat dibaca masarakat luas disamping itu buku ini bisa digunakan sebagai bahan untuk mengembangkan wawasan.

Artinya, bila buku ini disimak dengan baik maka kita akan memetik hal-hal yang positif.  Sehingga kita bisa bertindak lebih arif bijaksana dalam mewujudkan cita-cita bangsa ke depan,” ujarnya.

Sementara itu Sastra Ginting yang Asisten Administrasi Pembangunan Kabupaten Pakpak Bharat mengatakan, buku ini bagus bisa menjadi sumber inspiratif untuk mengembangkan diri.

Tokoh-tokoh yang ditampilkan dalam buku tersebut antara lain Brigjen Pol Drs Arman Depari, Prof Ternala A Barus, Amir Sembiring dan AKBP Dra Rina Sari Ginting.

(SIB)

Categories: Seni-budaya
  1. 12/09/2014 at 8:57 pm

    semoga nama dapat menjadi cambuk di dalam jiwa kaula muda karo. #semoga tanah karo akan kembali pulih

    Like

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: