Home > Seni-budaya > Tania Tarigan Garap Buku Seratus Tokoh Karo Selama 3 Tahun

Tania Tarigan Garap Buku Seratus Tokoh Karo Selama 3 Tahun

Buku seratus tokoh Karo diluncurkan di Tiara Convention Center, Rabu (10/9) malam.(Medan Bisnis)

Buku seratus tokoh Karo diluncurkan di Tiara Convention Center, Rabu (10/9) malam.(Medan Bisnis)

MEDAN: Buku seratus tokoh Karo yang memuat tentang kompilasi profil inspiratif seratus orang putra Karo di Seluruh Indonesia diluncurkan di Tiara Convention Center, Rabu (10/9) malam.

Dalam peluncuran buku yang dibuat Tania Depari tersebut, dihadiri Gubernur Sumut H Gatot Pujonugroho ST, berserta Wakil Gubernur H Tengku Erry Nuradi, serta beberapa tokoh yang terdapat di 100 tokoh Karo di antaranya Ketua DPRD Sumut, H Saleh Bangun, H Randiman Tarigan sebagai ketua peluncuran buku, anggota DPRD Medan Dr Ir  Budi D Sinulingga dan beberapa tokoh lainnya.


Sang Penulis Buku Seratus Tokoh Karo, Tania Depari di hadapan para undangan mengatakan, penulisan buku setebal 455 halaman yang dicetak di Jakarta tersebut dikerjakan selama 3 tahun. 

Tujuan penulisan buku ini kata Tania, untuk menghimpun tokoh-tokoh Karo yang tersebar berkarya di seluruh nusantara juga untuk menumbuhkan rasa bangga sebagai orang Karo, sekaligus memotivasi dan menginspirasi para generasi muda dan menjadi penyemangat baru untuk lebih giat berkarya meraih cita-cita.

“Dalam buku ini akan dikupas secara jelas 100 tokoh Karo yang telah menunjukkan prestasinya dan karyanya untuk Indonesia, beberapa tokoh di dalam buku sudah tidak asing lagi didengar masyarakat, seperti ketua DPRD Sumut Saleh Bangun, anggota DPRD Medan, Dr Ir Budi D Sinulingga, MS Kaban, Nurlisa Ginting, serta Menkoinfo Tiffatul Sembiring, dan tokoh-tokoh lainnnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu,” ujar Tania.

Tania mengharapkan, dengan adanya buku yang dijual seharga Rp 200 ribu ini, bisa menjadi pedoman masyarakat dari daerah lain untuk mengetahui sosok tokoh-tokoh yang banyak berjasa untuk nusantara dari daerahnya masing-masing. Dan Tania juga menginginkan agar buku 100 tokoh Karo ini nantinya ada di setiap perpustakaan di seluruh Indonesia.

Gubsu Gatot Pujonugroho mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi peluncuran buku 100 Tokoh Karo  yang ditulis Tania Depari. Gatot mengatakan hadirnya buku ini harus disambut gembira karena menunjukkan tokoh-tokoh penting dari Karo  yang telah menciptakan kemajuan di negara Indonesia.

“Buku ini sangat bagus karena di situ terlihat jasa-jasa para tokoh-tokoh Karo yang telah mengabdi untuk Indonesia. Para tokoh-tokoh di buku ini telah mampu melaksanakan tugasnya dengan baik, dan kedepan saya harap akan ada buku serupa seperti ini, bukan hanya dari Karo, tetapi juga dari daerah lain di Sumut yang pastinya juga mempunyai tokoh-tokoh penting yang banyak berjasa untuk negara,” jelas Gatot.

Salah satu dari tokoh dari buku 100 Tokoh Karo, ketua DPRD Sumut, H Saleh Bangun sangat gembira atas peluncuran buku ini. Sebab kata Saleh, dengan adanya buku ini selain menghargai jasa-jasa dari para tokoh Karo untuk negara, juga buku ini akan memberikan pengetahuan bagi para masyarakat yang selama ini belum mengetahui riwayat-riwayat hidup dari para tokoh Karo tersebut.
 
“Saya tidak menyangka dan terharu karena nama saya menjadi salah satu dari 100 tokoh Karo tersebut. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada penulis, mudah-mudahan ke depan akan ada buku serupa yang hadir, untuk mengingatkan kepada masyarakat, tentang tokoh-tokoh dari Sumut yang banyak berjasa untuk negara dan mereka dapat melihatnya dari sebuah buku,” kata Saleh Bangun.

Selanjutnya dalam peluncuran buku tersebut  acara diteruskan dengan penyerahan buku, hiburan perkolong-kolong dan donasi/sumbangan buku Seratus Tokoh Karo ke beberapa perpustakaan SD, SMP, SMA di Karo maupun perpustakaan yang dikelola pemerintah Sumatera Utara. (Medan Bisnis)

Categories: Seni-budaya
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: