Home > Pendidikan > Banyak Pengutipan, Guru Datangi Dinas Pendidikan Karo

Banyak Pengutipan, Guru Datangi Dinas Pendidikan Karo

Ilustrasi (sorotgunungkidul.com)

Ilustrasi (sorotgunungkidul.com)

KABANJAHE: Guru yang tergabung dalam Forum Komunitas Guru Kabupaten Karo (FKSG) mendatangi Kantor Dinas Pendidikan Jalan Veteran Kabanjahe untuk menyampaikan keluhan, Senin (15/9).

Pertemuan dengan guru diadakan di ruang rapat Dinas Pendidikan Karo dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Karo, Saroha Ginting didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan, Sugianta Ginting, Kabid Pendidikan Menengah, Drs Kuat Kaban, Kabid Pendidikan Dasar, Irwan Ganti Tarigan, Eduard Sinulingga.

Dihadapan Kepala Dinas Pendidikan Karo, para guru dipimpin Ketua FKSG, Drs. Imanta Surbakti menyampaikan, setiap kenaikan gaji, kalau pembayarannya dirappel pasti ada ucapan terima kasih atau potongan sukarela yang sudah ditetapkan minimal rupiahnya tergantung sekolahnya dan uang diberikan kepada Bendahara Dinas Pendidikan Kabupaten Karo.

Begitupun pencairan tunjangan kinerja tingkat Kabupaten Karo, tingkat provinsi maupun tunjangan dari Presiden SBY bagi guru yang belum lulus sertifikasi, pasti terjadi pemotongan atau dalam bentuk ucapan terimakasih yang sudah ditetapkan kepala sekolah melalui bendahara sekolah. Sedang untuk guru SD yang memotong Kepala UPT.

Apalagi guru yang mengajukan pinjaman ke bank untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak mereka, mengalami pemotongan oleh kepala sekolah maupun UPT yang di tetapkan sebesar 2-5 persen dari pinjaman.

Para guru juga mengkritisi mengenai mutasi guru, kenaikan pangkat, penggajian yang sering terlambat, pemotongan pinjaman bank, pemotongan sertifikasi, transparansi pengelolaan dana BOS, pengangkatan kepala sekolah, serta ketidakpedulian PGRI Karo terhadap pendidikan.

Menanggapi keluhan para guru itu, Kadis Pedidikan Karo Saroha Ginting menyatakan akan segera menyelesaikan keluhan mereka.

“Saya mengajak seluruh jajaran Dinas Pendidikan Karo bekerjasama mengatasi keluhan ini, karena saya tidak akan sanggup bekerja sendiri. Mari kita bersama-sama meningkatkan kualitas pendidikan di Tanah Karo ini. Ruangan saya tetap terbuka untuk setiap saat,” ujar Saroha Ginting. (Analisa)

Advertisements
Categories: Pendidikan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: