Home > Infrastruktur > Temuan BPK di Dinas Pekerjaan Umum Karo Harus Diusut

Temuan BPK di Dinas Pekerjaan Umum Karo Harus Diusut

Ilustrasi (Andalas)

Ilustrasi (Andalas)

KABAN JAHE:  Temuan BPK seputar adanya indikasi kerugian keuangan negara di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Karo dalam proyek pekerjaan peningkatan jalan Kutagerat–Batumamak–Kutambaru Punti sepanjang 5,1 Km X 3 M Kecamatan Tigabinanga sebesar Rp 63.469.440,09, harus segera ditindaklanjuti dan diusut aparat penegak hukum.

Seperti diketahui, pengerjaan proyek tersebut dilaksanakan oleh PT GHK berdasarkan kontrak Nomor 620/405/PPK-BMI/2013 tanggal 15 Agustus 2013 senilai Rp 2.577.200.000,00. Demikian ditegaskan Pemerhati Pembangunan Tanah Karo, Erwin Perangin-angin (35), Selasa (16/9) di Kabanjahe, saat diminta tanggapannya terkait dengan adanya indikasi kerugian negara dalam pelaksaan kegiatan proyek di Dinas PU Kabupaten Karo Tahun Anggaran 2013.

Dikatakan, dengan adanya temuan BPK tersebut, sudah dapat dijadikan sebagai langkah awal untuk melakukan penyelidikan. Terlebih, temuan tuntutan ganti rugi (TGR) sebesar Rp 63 juta tersebut diduga belum dikembalikan ke kas daerah.

“Tuntutan ganti rugi seharusnya ada penyelesaian. Jika TGR tidak dilaksanakan, sudah tentu harus berlanjut ke tindak pidana,”kata Erwin Perangin-angin.

Sementara, Kadis Pekerjaan Umum Kabupaten Karo, Candra Tarigan ketika dikonfirmasi andalas, melalui Kabid Bina Marga di kantornya mengatakan, pihaknya sudah mengembalikan sebagian hasil temuan BPK itu ke kas daerah Pemkab Karo.

Ketika dihubungi terpisah, Pejabat Pembuat komitmen (PPK) Antonius Ginting via selulernya, Senin juga mengatakan hal yang sama. Bahwa, pihak rekanan sudah mengembalikan temuan BPK itu ke kas daerah.

Namun, ketika dikonfirmasi kepada Bendahara Umum Daerah (BUD) Kabupaten Karo, Amri Ginting, Senin di ruang kerjanya menyebutkan, pihaknya tidak ada menerima bukti setoran pengembalian uang hasil temuan BPK dalam kegiatan peningkatan jalan Kutagerat–Batumamak–Kutambaru Punti sepanjang 5,1 km X 3 m Kecamatan Tigabinanga.

“Belum ada kita terima bukti setoran tentang pengembalian uang hasil temuan BPK dalam kegiatan tersebut,”ujarnya sembari menambahkan, temuan hasil BPK yang sudah dikembalikan masih satu paket kegiatan dari Dinas PU. “Baru satu paket kegiatan yang saya terima bukti setoran temuan tuntutan ganti rugi BPK,”ujarnya. (Andalas)

Advertisements
Categories: Infrastruktur
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: