Home > Pertanian > Petani Karo Dilatih Menggunakan Pupuk Organik

Petani Karo Dilatih Menggunakan Pupuk Organik

Ilustrasi

Ilustrasi (bayamorganik.blogspot.com)

Rumah Bio Indonesia (RBI) Perwakilan Karo menggelar pelatihan, yang diikuti petani organik, Sabtu (20/9). Di samping pelatihan, pengetahuan tentang penggunaan pupuk organik juga dilakukan dengan penyesuaian ph tanah.

Menajeman RBI Karo, Irvan Dianta Sitepu mengaku, langkah yang sudah dilakukan pihaknya bersama petani sejak 4 bulan lalu.

Sudah terlihat kepedulian petani akan bahaya bila  masih terus menggunakan pupuk kimia yang berlebihan karena dapat merusak  tanaman juga membahayakan lahan.

RBI juga memberikan ruang bagi petani yang ingin menyatukan tujuan mereka, agar dalam mengapresiasikan temuan yang berbahan dasar organik untuk selanjutnya dilakukan uji laboratorium.

Dalam membangun bidang kewirausahaan  pertanian, RBI memberikan peluang untuk itu.  Pelatihan  mengundang  pakar pupuk organik, Utema Silan M MA yang mengupas masalah  bagaimana pernyakit bisa berkembang di lahan lahan pertanian.

RBI pusat, Darwis Harahap SP  mengaku, bangga  dilakukan terobosan yang  membiasakan masyarakat petani untuk melakukan pemupukan tanaman mereka menggunakan pupuk organik.

RBI pada prinsipnya berfungsi hanya dapat melakukan perpanjangan tangan bagi para produsen yang memberikan solusi bagi para petani.

Di samping mengeluarkan beberapa produk berbahan dasar organik, RBI juga memberikan pelatihan bagi petani dan memberikan ruang untuk melakukan konsultasi mulai pada masa sebelum tanam, awal tanam hingga pada masa tanam kembali.

Selain itu menyarankan para petani menggunakan pupuk berbahan dasar organik. Dalam waktu dekat, RBI juga akan segera mengeluarkan produk penyemprotan yang juga berbahan dasar organik, kata Darwis.

Perwakilan petani, Thomson Ginting mengaku kegiatan pelatihan menggunakan pupuk organik para petani  merasa senang.

Pada prinsipnya harapan utama petani, bagaimana hasil pertanian mereka bisa memenuhi kebutuhan pasar dan tidak membahayakan bagi konsumen, terutama ramah pada lingkungan.

Dengan ada RBI di Karo saat ini, selain bisa mengetahui lebih banyak akan tanaman organik juga dapat menambah pengalaman yang nantinya bisa dilanjutkan bagi generasi yang ada di daerahnya. (Analisa)

Categories: Pertanian
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: