Home > Sinabung > Pengungsi Sinabung Asal Desa Kuta Gugung Sudah Boleh Pulang

Pengungsi Sinabung Asal Desa Kuta Gugung Sudah Boleh Pulang

Satgas tanggap darurat sinabung jemput warga asal Desa Kuta Gugung dari posko pengungsian untuk di pulangkan ke desanya, Sabtu (27/9). (Analisa)

Satgas tanggap darurat sinabung jemput warga asal Desa Kuta Gugung dari posko pengungsian untuk di pulangkan ke desanya, Sabtu (27/9). (Analisa)

BERASTAGI: Tim tanggap darurat Sinabung menjemput pengungsi erupsi gunung Sinabung asal Desa Kuta Gugung kecamatan Namanteran, untuk di pulangkan ke desanya, Sabtu (27/9).

Menyusul dalam waktu dekat semua pengungsi di luar zona merah akan dipulangkan, setelah atap rumah mereka diperbaiki. Semua pengungsi di pos pengungsian akan dikosongkan dan posko pengungsian tidak lagi menampung pengungsi.

Saat ini masyarakat dari 32 desa dan 2 dusun sekitar Gunung Sinabung masih bertahan di pengungsian tersebar di 17 titik Pos Pengungsian sebanyak 3.572 jiwa, ungkap Dandim 0205/TK Letkol Asef S Dansatgas Sinabung pada Analisa Minggu (28/9).

Hingga setahun lebih situasi Gunung Sinabung meletus hingga kini belum dapat diprediksi kapan berakhir. Status Siaga (Level III) dengan radius zona merah radius 3 Km. Setiap hari guguran, gemuruh, tremor masih terus terjadi. Berpatokan rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dijadikan sebagai dasar dalam melaksanakan aktivitas masa tanggap darurat ini.

Warga masih di pengungsian ada 4 desa dan 1 dusun (Desa Guru Kinayan, Kuta Tonggal, Berastepu, Gamber dan Dusun Sibintun). Setelah status Gunung Sinabung normal warga dari empat desa satu dusun juga akan dipulangkan, dan tiga desa wajib direlokasi Desa Bekerah, Simacem, Suka Meriah.

Sebelum direlokasi warga desa menerima sewa rumah, sewa lahan dan uang jaminan hidup dari pemerintah. Pemulangan pengungsi sendiri menggunakan truck TNI, Polri ada kendaraan masing-masing.

Saat ini posko utama satgas tanggap darurat erupsi Gunung Sinabung di pendopo Bupati Karo. Prinsipnya bersama Pemkab, BPBD membantu para pengungsi tidak mengenal lelah, dan hari libur pelayanan ke pengungsi tetap dilakukan.

“Pelayanan bagi pengungsi kita lakukan antar jemput anak sekolah, perbaikan atap rumahyang rusak dan sebagainya. Kita berharap pengungsi yang telah kembali ke desa segera bangkit optimis, sabar, yakin bahwa kehidupan bisa lebih baik. Dan bagi masih di hunian sementara dukungan moral terkait ketetapan pemerintah harus diikuti sehingga proses relokasi segera terlaksana,” kata Letkol Asef S.

Pada seluruh warga, lanjutnya, selaku Dansatgas mengimbau dan mengingatkan siapapun dilarang memasuki zona merah (kawasan bahaya), ikuti seluruh aturan sesuai rekomendasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi agar terhindar dari ancaman awan panas, dan lahar dingin yang sewaktu-waktu bisa terjadi. (Analisa)

Categories: Sinabung
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: