Home > Sinabung > Berastagi Diselimuti Abu Vulkanik Sinabung

Berastagi Diselimuti Abu Vulkanik Sinabung

Para siswa dan guru SMPN I Berastagi membersihkan teras dan lingkungan sekolah dari abu vulkanik. (SIB)

Para siswa dan guru SMPN I Berastagi membersihkan teras dan lingkungan sekolah dari abu vulkanik. (SIB)

BERASTAGI: Gunung Sinabung dengan status Siaga (level III) kembali meluncurkan awan panas sejauh 4,5 Km, Selasa (7/10).  Luncuran awan panas ini lebih jauh dari sebelumnya.

“Pada pukul 14.07 WIB terdeteksi awan panas guguran dengan jarak luncur 4.500 meter ke arah Selatan dengan lama erupsi 557 detik,”ungkap Armen Nasution, petugas Pos Pengamatan Gunung Sinabung Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Simpang Empat, melalui telepon selulernya, Selasa petang.

Ia menambahkan guguran dan material terhembus angin cukup kuat yang berdampak hujan debu vulkanik. “Hembusan cukup kuat membuat material Sinabung mengikut arah angin, karenanya  setiap daerah dilalui  gumpalan abu vulkanik  dapat dipastikan  terkena guyurannya seperti  kejadian di  Berastagi dan sekitarnya,” ujar Armen.

Pantauan wartawan, abu vulkanik membubung tinggi hingga mencapai 4.000 meter lebih. Dalam sekejap Berastagi dan sekitarnya  dipenuhi abu vulkanik.

“Kota wisata Berastagi dipenuhi  hujan abu dan jarak pandang hanya 10 meter sehingga pengguna kendaraan harus ekstra hati-hati mengemudikan kendaraannya dan menghidupkan lampu depan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar seorang pengunjung wisata asal Medan,Tommy  Purba kepada wartawan di Berastagi.

Selain itu, abu vulkanik ini membuat atap rumah warga berubah warna  menjadi putih keabu-abuan, begitu juga tanaman di pekarangan warga semuanya berubah warna karena tertutup abu vulkanik.

“Abu vulkanik yang berterbangan terkena mata terasa pedih,” ujar Darwin (45).

Di sisi lain, akibat hujan abu vulkanik mengguyur  Berastagi membuat  banyak tamu membatalkan  pemesanan kamar penginapan. Hal itu diungkapkan  Irnawati br Karo (40) pemilik salah satu penginapan di Berastagi. Juga pihak  sekolah memulangkan siswa lebih awal karena takut kondisi akan semakin memburuk. Dan banyak  sekolah menerjunkan siswanya membersihkan abu vulkanik  yang menutupi  lantai ruang kelas  dan  pekarangan sekolah, seperti di SMPN I Berastagi. (SIB)

Categories: Sinabung
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: