Home > Sinabung > Abu Vulkanik Sinabung Selimuti 10 Kabupaten

Abu Vulkanik Sinabung Selimuti 10 Kabupaten

Warga Kabupaten Karo menyaksikan letusan Gunung Sinabung, Kamis (9/10). (AFP Photo)

Warga Kabupaten Karo menyaksikan letusan Gunung Sinabung, Kamis (9/10). (AFP Photo)

MEDAN: Abu vulkanik erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara (Sumut), masih menyelimuti sebagian di Kota Binjai, Pematangsiantar, Medan, Tebing Tinggi, Kabupaten Langkat, Serdang Bedagai, Deli Serdang dan Simalungun dan Dairi.

Pantauan Suara Pembaruan, Jumat (10/10) sekitar pukul 08.20 WIB, abu vulkanik akibat letusan gunung merapi tersebut, membuat suasana di luar rumah, utamanya di jalanan seperti berkabut. Padahal, cuaca terlihat begitu cerah.

“Abu vulkanik masih beterbangan dan hinggap menyelimuti kota dan kabupaten. Abu vulkanik itu semakin jelas dilihat di atap mobil pengendara. Seluruh mobil yang melintas penuh dengan abu,” ujar seorang warga Medan, Suryo (43).

Hal sama juga disampaikan Andi (28), saat dihubungi dari Medan, warga Binjai tersebut menyampaikan, abu vulkanik juga menyasar sampai daerah itu. Abu vulkanik itu membuat masyarakat mengurangi aktivitasnya di luar rumah.

“Ada yang keluar rumah namun terpaksa menggunakan masker. Ini dilakukan sebagian warga supaya tidak terserang penyakit infeksi saluran penafasan atas, batuk – batuk maupun penyakit lainnya,” jelasnya.

Di Pematangsiantar dan Simalungun, abu vulkanik akibat letusan Gunung Sinabung, mulai berkurang. Letusan gunung merapi di Tanah Karo, maupun abu vulkanik yang dilontarkan tersebut, tidak sampai merusak lahan pertanian milik masyarakat di Simalungun dan Siantar.

Abu vulkanik juga mulai berkurang di Deli Serdang, Serdang Bedagai dan Kabupaten Langkat. Kota Medan merupakan kota yang paling banyak terkena imbas dari letusan gunung itu. Abu vulkanik yang beterbangan ini belum habis karena tidak ada hujan di Medan pascaletusan Gunung Sinabung di Tanah Karo. (Berita Satu)

Advertisements
Categories: Sinabung
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: