Home > Sinabung > Pemkab Karo Antisipasi Dampak Erupsi Sinabung

Pemkab Karo Antisipasi Dampak Erupsi Sinabung

Kota Berastagi pasca erupsi Sinabung Kamis (9/10). (Patris Ginting)

Kota Berastagi pasca erupsi Sinabung Kamis (9/10). (Patris Ginting)

KABAN JAHE: Mengantisipasi berbagai kemungkinan akibat erupsi Gunung Sinabung sejak 5 Oktober 2014 lalu,PLt Bupati Karo, Terkelin Brahmana terus melakukan pemantauan ke lapangan dan dialog dengan masyarakat.

Bahkan akibat erupsi yang tercatat 42 kali sudah terjadi sampai saat ini, Bupati bersama pihak BPBD, Subur Tambun, Rabu (8/10) sampai Kamis (9/10) berkunjung ke desa-desa radius 5 km Gunung Sinabung dan pos Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Desa Ndokum Siroga Kecamatan Simpangempat.

Dia membatalkan kunjungan kerja ke Bali dalam rangka mengikuti kegiatan expo yang berlangsung, Jumat sampai Sabtu (10-11/10) di Bali.

Dampak erupsi tersebut, katanya, Pemkab mempersiapkan 7 unit mobil penyiram air ke desa-desa dan kota wisata Berastagi. Mobil tersebut partisipasi dari Pemkab Karo, PMI dan Pemprovsu. BPBD juga telah mengimbau masya­rakat senantiasa tenang dan tidak berada di zona merah radius 3 km dari Gunung Sinabung melalui media cetak, elektronik, spanduk dan radio.

Pihak Dinkes didesak membagikan masker ke masyarakat. Baik melalui Puskes­mas, Pustu setempat untuk siap di tempat dan pihak BPBD siapkan standar operasional prosedur (SOP) dalam meng­optimalisasi dan antisipasi berbagai kemungkinan seketika terjadi akibat erupsi Sinabung.

Demikian juga pihak Taruna Siaga Be­n­cana (Tagana) ditangani Dinas Sosial un­tuk siaga di desa-desa atau sekitar zona me­­rah untuk berpartisipasi mengantisipasi berba­gai hal yang tidak terduga terjadi, tandas Brahmana.

Pantauan wartawan, kunjungan Plt Bupati, Rabu (8/10) sampai Kamis (9/10) dini hari, bertemu dengan sejumlah masyarakat di beberapa desa menyaksikan Erupsi Sinabung dengan semburan api dan guguran awan panas menghiasi angkasa.

Pada kejadian erupsi itu, juga sedang berlangsung pesta budaya kerja tahun sejumlah desa di lereng Gunung Sinabung. Ribuan warga sekitar sempat panik. Namun karena kesadaran warga, kejadian itu dapat dihadapi dengan tenang dan walaupun banyak juga warga yang berdatangan dari Medan cepat pulang dan sebagian lagi yang masih dalam perjalanan menuju Tanah Karo pulang ke Medan. (Analisa)

Advertisements
Categories: Sinabung
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: