Home > Sinabung > Pos Penjagaan ke Zona Merah Sinabung Diperketat

Pos Penjagaan ke Zona Merah Sinabung Diperketat

Warga desa di kaki Gunung Sinabung terpaksa mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah (merdeka.com)

Warga desa di kaki Gunung Sinabung terpaksa mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah (merdeka.com)

KABAN JAHE: Aktivitas vulkanik Gunung Sinabung terus meningkat. Sejak Selasa (7/10). Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat sekitar 77 letusan, sehingga berpotensi mengalami erupsi yang disertai luncuran awan panas.

Namun PVMBG belum memutuskan meningkatkan status Gunung Sinabung. Hingga saat ini, status Sinabung berada pada level III. Petugas masih menyatakan radius bahaya sejauh 3 kilometer dari puncak Sinabung. Sementara letusan disertai awan panas guguran hingga 4,5 kilometer dari puncak Sinabung.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Sinabung PVMBG di Simpang Empat, Armen Putra menyatakan telah terjadi beberapa kali guguran awan panas dari puncak Sinabung.

Pada Kamis (9/10) tercatat 17 kali terjadi awan panas guguran pada pukul 00.43 WIB hingga pukul 15.30 WIB dengan jarak luncur masing-masing  1500 meter – 3000 meter. Demikian pula dengan gempa hybrid masih tinggi dan tremor yang muncul secara terus-menerus.   “Ini menunjukkan potensi letusan masih berpeluang terjadi,” ungkap Armen Putra dalam siaran pers di Posko Tanggap Darurat Erupsi Sinabung Jalan Veteran Jambur Pemkab Karo, Kabanjahe, Kamis (9/10).

Turut hadir dalam siaran pers itu, Plt Bupati Karo Terkelin Brahmana,  Dansatgas Penanggulangan Erupsi Sinabung Letkol Inf Asep Sukarna yang juga Dandim 0205/TK, Wakapolres Kompol A Sinurat, Sekda dr Saberina br Tarigan, Kepala BPBD  Karo Subur Tarigan.

Hendrasto dari  PVMBG menyarankan, Pemkab Karo menyiapkan dan menambah jalur evakuasi dari Desa Kutatengah yang jalurnya menjauhi daerah berbahaya, sebelum masyarakat di Kecamatan Simpang Empat (Desa Kutatengah) dikembalikan dari pengungsian.

Plt Bupati Karo Terkelin Brahmana mengatakan pihaknya telah meminta bantuan kepada Pemko Medan dan Pemkab Dairi supaya memberikan  mobil pemadam kebakaran beserta personelnya membantu membersihkan debu vulkanik di kawasan  yang dipenuhi debu seperti  Berastagi sekitarnya, Kecamatan Merdeka dan  Naman Teran. “Besok, Jumat (10/10) bantuan Damkar itu sudah sampai di sini dan langsung dapat bekerja membersihkan debu vulkanik yang mengganggu aktifitas warga,” terang Terkelin.

Dansatgas Penanggulangan Erupsi Sinabung Letkol Inf Asep Sukarna menyatakan, jumlah pengungsi erupsi Sinabung mencapai 3.287 jiwa (1.019 KK) yang ditampung di 16 titik pengungsian.

Selain itu, pihaknya meningkatkan penanganan erupsi Sinabung, dengan  memperketat pos penjagaan jalan masuk ke zona merah (zona bahaya) agar tidak ada masyarakat yang mendekati apalagi memasuki zona tersebut demi keselamatan mereka.

“Personel juga mengadakan patroli ke desa-desa radius 3 – 5 km dari Gunung Sinabung untuk memastikan ada atau tidak adanya korban dan kerugian materil yang diakibatkan dari peningkatan aktivitas Gunung Sinabung,” ungkapnya.

Sementara itu, Letkol Inf Asep Sukarna meminta masyarakat agar tabah dan sabar dalam menghadapi kondisi saat ini serta selalu berdoa supaya kembali normal seperti semula, karena Tuhan memberikan cobaan bertujuan agar selalu beriman dan bertaqwa. “Pasti dibalik bencana ini ada hikmahnya yang diberikan Tuhan kepada kita,” katanya.

Pantauan wartawan, tiga kecamatan di Kabupaten Karo masih tertutup abu vulkanik akibat erupsi Sinabung yakni Namanteran, Berastagi dan Kecamatan Merdeka. Tidak hanya rumah warga, ladang warga pun  ditutupi abu vulkanik. (SIB)

Advertisements
Categories: Sinabung
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: