Home > Sinabung > Warga di 7 Desa di Sekitar Sinabung Tetap Akan Diungsikan

Warga di 7 Desa di Sekitar Sinabung Tetap Akan Diungsikan

Plt Bupati Karo Terkelin Brahmana SH bersama Dansatgas Tanggap Darurat Erupsi Sinabung Letkol Inf Asep Sukarna, Wakapolres Kompol E Sinurat, Kepala PVMBG Ir M Hendrasto memberi penjelasan kepada wartawan di Jambur Pemkab Karo Jalan Veteran Kabanjahe, Kamis (9/10), terkait penanganan erupsi Sinabung. (Andalas)

Plt Bupati Karo Terkelin Brahmana SH bersama Dansatgas Tanggap Darurat Erupsi Sinabung Letkol Inf Asep Sukarna, Wakapolres Kompol E Sinurat, Kepala PVMBG Ir M Hendrasto memberi penjelasan kepada wartawan di Jambur Pemkab Karo Jalan Veteran Kabanjahe, Kamis (9/10), terkait penanganan erupsi Sinabung. (Andalas)

KABAN JAHE: Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekomendasikan masyarakat yang berada di dalam radius 3 kilometer khusunya yang bermukim di Desa Sukameriah Kecamatan Payung, Desa Bekerah dan Desah Simacem Kecamatan Naman Teran agar tetap diusingkan.

Begitu pula dengan warga yang tinggal di luar radius 3 KM dari kawah Gunung Sinabung yaitu Desa Guru Kinayan Kecamatan Payung, Desa Kutantonggal Kecamatan Naman, Desa Berastepi Kecamatan  Simpang Empat dan Desa Gamber serta Dusun Sibintun yang sewaktu-waktu bisa terancam guguran lava dan luncuran awan panas agar juga diusingkan.

Berarti ada sekira 7 desa dan 1 dusun yang mendapat perhatian serius selain warga pengungsi lainnya terkait semakin meningkat erupsi Sinabung saat ini. Hal itu terungkap saat Kepala PVMBG Ir M Hendrasto, MSc menggelar konfrensi pers terkait peningkatan perkembangan Gunung Sinabung, Kamis petang (9/10) di Jambur Pemkab Karo (Posko Utama) Jalan Veteran Kabanjahe.

Turut hadir dan memberikan pemaparan, Plt Bupati Karo, Terkelin Berahmana, SH, Dansatgas Tanggap Darurat Erupsi Sinabung,Letkol Inf Asep Sukarna, Sekdakab, dr Saberina, MARS, Wakapolres, Kompol A. Sinurat, Kepala BPBD, Ir Subur Tambun, Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, Armen Putra.

Dikatakan Hendrasto, Pemkab Karo agar menyiapkan dan menambahkan jalur evakuasi dari desa Kutatengah yang jalurnya menjauhi daerah berbahaya, sebelum masyarakat di Kecamatan Simpang Empat (desa Kuta Tengah) dikembalikan dari tempat pengungsian, ujarnya.

“Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi dan Kabupaten Karo tetap siaga mengantisipasi jika sewaktu-waktu Sinabung meningkat kembali dari tingkat aktivitas siaga menjadi awas,” tegas Hendrasto.

Lebih jauh dikatakan, sehubungan curah hujan yang masih tinggi, diharapkan masyarakat yang bermukim dekat sungai Lau Borus yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya banjir lahar. Masyarakat dihimbau senantiasa mengikuti arahan dari Pemkab Karo/Muspida yang terus mendapat laporan perkembangan aktivitas Sinabung.

Ditambahkan Hendrasto, masyarakat dan pengunjung/wisatawan tidak mendaki dan melakukan aktivitas dalam radius 5 km arah Selatan dan Tenggara Gunung Sinabung yang merupakan bukaan lembah gunung tempat terjadi aliran lava dan awan panas.

Menyinggung potensi bahaya erupsi, Hendrasto menjawab bersifat eksplosif berpotensi terjadi, namun ancamannya terbatas pada radius 3 km. Pertumbuhan kubah pijar dari kubah lava, sambung Hendrasto, aliran lava dan awan panas masih mengancam ke arah Selatan hingga Tenggara sejauh 5 km. Potensi terjadinya lahar masih tinggi yang berasal dari endapan abu/material erupsi dan curah hujan tinggi.

Sementara Plt Bupati Karo, Terkelin Berahmana, SH mengatakan, mengantisipasi peningkatan aktifitas Gunung Sinabung yang seminggu terakhir ini sudah mengganggu aktifitas masyarakat yang berdomisili di Kecamatan Naman Teran, Merdeka, Berastagi dan Kecamatan Simpang Empat.

Untuk itu diminta Satuan Tugas (Satgas) Tanggap Darurat Erupsi Sinabung  mempersiapkan infrastruktur evakuasi, dan tempat penampungan pengungsi di sejumlah titik. Mengantisipasi itu, tidak hanya sebatas memperbaiki jalur evakuasi dan mempersiapkan tempat penampungan pengungsi, tetapi juga telah menyiapkan angkutan evakuasi dan menempatkan personil-personil TNI-AD, kepolisian, relawan, BPBD, PNS dan pihak-pihak terkait di tempat-tempat yang telah ditentukan.

Begitu juga menyangkut tentang penanganan pembersihan debu-debu vulkanik, yang  mengganggu arus lalulintas maupun pemukiman warga, telah disiapkan sejumlah mobil tangki dari dinas PU dan Pemadam kebakaran untuk menyirami debu-debu tersebut.

Terkelin Brahmana mengaku, bahwa pihaknya telah meminta bantuan kepada Pemko Medan, Serdang Bedagai, Pemkab Dairi dan Pakpak Bharat supaya memberikan  mobil Damkarnya berserta personilnya membantu membersihkan debu-debu vulkanik dikawasan-kawasan  yang dipenuhi debu seperti  kota Berastagi sekitarnya, Kecamatan Merdeka dan Naman Teran.

“Besok (maksudnya hari ini, Jumat 10/10) bantuan Damkar itu sudah sampai disini dan langsung dapat bekerja membersihkan debu-debu vulkanik yang mengganggu aktifitas warga,” terang Terkelin.

Hal yang sama dikatakan, Dansatgas Tanggap Darurat Erupsi Sinabung, Letkol Inf Asep Sukarna yang juga Dandim 0205/TK. Pihaknya mempersiapakan truk angkutan untuk mengevakuasi warga, pihaknya juga sudah melakukan antisipasi kesehatan masyarakat yang  tertimpa debu vulkanik dengan membagi-bagikan masker kepada warga yang berada di Kecamatan naman teran, Kecamatan Merdeka, Kecamatan Berastagi dan Kecamatan Simpang Empat.

“Kepada seluruh masyarakat, dihimbau supaya lebih mementingkan keselamatan nyawa dan kesehatan dari pada harta yang ditinggalkan, serta tidak mudah terpancing isu-isu yang tidak jelas nara sumbernya. Secara khusus dengan tegas dihimbau kepada masyarakat supaya tidak memasuki zona merah (aman) radius 3 km yang telah ditetapkan, karena kalau memasuki wilayah berbahaya itu keselamatan jiwa tidak dapat dijamin,” tegas Asep Sukarna. (Andalas)

Categories: Sinabung
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: