Home > Sinabung > Penjagaan Zona Merah Sinabung Diperketat

Penjagaan Zona Merah Sinabung Diperketat

Dansatgas, Letkol Asep Sukarna memimpin patroli di aliran Sungai Lou Barus sebagai komitmen larangan ke warga masuk ke zona merah. (Analisa)

Dansatgas, Letkol Asep Sukarna memimpin patroli di aliran Sungai Lou Barus sebagai komitmen larangan ke warga masuk ke zona merah. (Analisa)

KABAN JAHE: Dansatgas Erupsi Sinabung, Letkol Asep Sukarna memperketat penjagaan di pintu masuk zona merah untuk mengantisipasi jatuhnya korban jiwa akibat kelalaian.

Selain itu, juga kerap dilalukan patroli keliling di titik masuk zona merah, ungkap Dansatgas Letkol Asep Sukarna, Selasa (21/10).

Mengingat sejak 5 Oktober 2014 sampai saat ini perkembangan situasi ataupun kondisi Gunung Sinabung masih fluktuatif. Guguran awan panas dan semburan abu vulkanik juga masih terjadi, hingga pengawasan di pintu masuk zona merah diperketat.

Asep Sukarna yang juga Dandim 0205/TK mengimbau kepada warga baik yang tinggal dekat dengan aliran sungai hulunya Gunung Sinabung, maupun warga dari luar daerah Karo agar tidak mendekati aliran Sungai Lau Borus untuk keselamatan.

Beberapa hari terakhir ini terjadi hujan deras secara terus menerus, sehingga potensi ancaman yang ditimbulkan bukan hanya awan panas saja namun banjir lahar dingin. Tidak bisa dipungkiri, bila masyarakat mengabaikan keselamatan masuki zona merah akan jatuh korban, ujarnya. Mengacu pada kondisi itu, Dansatgas meminta semua elemen masyarakat mematuhi larangan itu.

Para Danramil, Babinsa maupun anggota yang tergabung dalam satgas tanggap darurat diingatkan, agar melakukan sosialisasi ke warga agar mereka tidak masuki zona berbahaya.

“Terkait ditemukan ada masyarakat yang menambang pasir, baik secara perorangan maupun dari perusahaan yang memanfaatkan situasi seperti ini. Kita sudah sampaikan kepada pihak terkait, agar tidak melanjutkan bisnis dimaksud karena spekulasi mengorbankan pegawainya dalam situasi yang berbahaya,” katanya.

Dansatgas berharap kepada pihak yang berwenang, agar mengeluarkan peraturan larangan tentang zona merah maupun jalur lahar dingin, dengan tujuan agar tidak ada pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan situasi seperti ini demi untuk kepentingan sendiri. “Kepada semua pihak mari sama-sama saling mengingatkan untuk keselamatan kita semua,” ujarnya. (Analisa)

Advertisements
Categories: Sinabung
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: