Home > Sinabung > Warga Payung Keluhkan Kualitas Air Bersih kepada Bupati Karo

Warga Payung Keluhkan Kualitas Air Bersih kepada Bupati Karo

Plt Bupati Karo Terkelin Berahmana SH, langsung memberikan obat tetes mata kepada sejumlah warga Desa Sigarang-Garang Kecamatan Naman Teran. (Andalas)

Plt Bupati Karo Terkelin Berahmana SH, langsung memberikan obat tetes mata kepada sejumlah warga Desa Sigarang-Garang Kecamatan Naman Teran. (Andalas)

PAYUNG: Plt Bupati Karo, Terkelin Berahmana SH, Dandim 0205/TK Letkol Inf Asep Sukarna yang juga Dansatgas Bencana Erupsi Sinabung, Kapolres AKBP Viktor Togi Tambunan, Sekdakab dr Saberina MARS, Sekretaris BPBD Drs Jhonson Tarigan, dan para kepala SKPD terkait mengunjungi sejumlah desa di Kecamatan Payung, Tiganderket dan Naman Teran, yang berada di lereng dan ‘pinggang’ Gunung Sinabung, Sabtu dan Minggu (18-19/10).

“Kunjungan ini sebagai wujud perhatian kita bersama Muspida, BPBD dan jajaran SKPD Setdakab Karo terhadap masyarakat berada di desa-desa yang sampai saat ini menderita terkena erupsi Sinabung,”kata Plt Bupati Karo, Terkelin Brahmana SH, Senin (20/10).

Di Desa Payung Kecamatan Payung, bupati dan unsur Muspida berdialog dengan warga di aula kantor camat setempat. Menurut sejumlah warga, Susanto Singarimbun, Jahwati Pandia, Jhonson Sembiring dan Jon Amal Pandia, mereka merasa was-was terhadap kualitas air bersih di desa mereka yang sehari-hari dikonsumsi warga, apakah masih layak atau tidak.

Demikian juga segala jenis bantuan dijanjikan pemerintah, mulai dari pertanian, kesehatan dan pendidikan termasuk bantuan seng rumah warga yang sudah banyak rusak.

Plt Bupati Karo mengatakan, kualitas air di Desa Payung masih aman dikonsumsi. Namun demikian berdasarkan hasil penelitian pihak Dinas Kesehatan, air yang telah dimasak ditambah tiga menit supaya hiegenisnya tetap terjaga.

Masalah bantuan sudah berjalan dan sebagian sudah disalurkan instansi masing-masing di lingkungan Pemkab Karo. Demikian juga bantuan kesehatan, semua sudah ditanggung di Puskesmas Kecamatan, termasuk bila dirujuk ke RSU Kabanjahe. Semua biaya pengobatan gratis.

Khusus bagi anak sekolah, bantuan beasiswa bila kemarin belum semua terdata, agar sekarang dilaporkan kembali ke Dinas Pendidikan bagi yang belum terdata. Tidak ada kendala dalam penyaluran bantuan kepada warga membutuhkan yang terkena dampak erupsi Sinabung. Hanya saja kemarin, APBD Karo TA 2014 agak telat disahkan.

“Kita transparan dan fokus dalam penanganan erupsi bencana Sinabung. Percayalah, kami semua (Muspida-red) bekerja untuk rakyat Tanah Karo, baik terkena dampak erupsi bencana Sinabung maupun tidak terkena dampak,”terang Terkelin.

Hal yang sama juga dilakukan Plt Bupati dan Muspida di Desa Mardinding Kecamatan Tiganderket persis berada di ‘pinggang’ Gunung Sinabung. Selanjutnya rombongan bergerak menuju desa Kutarayat, Namanteran, Dusun Lau Kawar, Kecamatan Namanteran berkisar 4 km dari Gunung Sinabung.

Selain langsung membagikan masker dan obat tetes mata, bupati melihat langsung ke lapangan, keadaan gunung dan kehidupan masyarakat di luar zona merah.”Kita mau mendengar dari masyarakat, apa saja mereka butuhkan, baik itu kesehatan, sandang pangan dan situasi pendidikan anak-anak sekolah,”ujar Terkelin Berahmana.

Sementara Kapolres Karo, Drs AKBP Victor Togi Tambunan ketika ditanya perihal keamanan sejumlah desa akibat erupsi Sinabung yang terus-menerus terjadi, menurutnya sampai saat ini cukup aman dan belum ada menerima laporan pengaduan masyarakat prihal gangguan keamanan.

Hal senada dikatakan Dandim 0205/TK Letkol Inf Asep Sukarna, yang juga Dansatgas Bencana Erupsi Sinabung. Kunjungan lapangan ini juga sekaligus sebagai bahan evaluasi penanganan bencana erupsi Sinabung. Namun sampai saat ini semua berjalan dengan baik, tidak ada kendala berarti.

Categories: Sinabung
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: