Home > Sinabung > Dansatgas Tanggap Darurat Sinabung Pimpin Patroli Sepanjang Sungai Lau Borus

Dansatgas Tanggap Darurat Sinabung Pimpin Patroli Sepanjang Sungai Lau Borus

Dansatgas, Letkol Asep Sukarna memimpin patroli di aliran Sungai Lou Barus sebagai komitmen larangan ke warga masuk ke zona merah. (Analisa)

Dansatgas, Letkol Asep Sukarna memimpin patroli di aliran Sungai Lou Barus sebagai komitmen larangan ke warga masuk ke zona merah. (Analisa)

KABAN JAHE: Perkembangan dan kondisi Gunung Sinabung saat ini masih fluktuatif. Sejak 5 Oktober 2014 sampai saat ini masih terjadi guguran disertai awan panas dan mengeluarkan abu vulkanik yang mengakibatkan Desa Naman, Payung, Kutarakyat dan sekitarnya terkena hujan abu vulkanik.

Dansatgas Tanggap Darurat Erupsi Gunung Sinabung Letkol Inf Asep Sukarna yang  juga  Dandim 0205/TK, Senin (20/10) bersama personilnya memimpin patroli sepanjang Sungai Lau Borus. Ia  mengimbau warga baik yang tinggal dekat dengan aliran sungai maupun warga yang dari luar desa agar tidak mendekati aliran Sungai Lau Borus dengan tujuan untuk keselamatan warga dan mencegah terjadinya korban.

Disebutnya, imbauan tetap dilakukan baik dengan menggunakan alat komunikasi/HT maupun sosialisasi langsung ke lapangan yang disampaikan  para Danramil dan Babinsa maupun anggota yang tergabung dalam satgas tanggap darurat. Namun demikian pada kenyataannya masih ada sebagian warga yang belum memiliki kesadaran akan hal ini.

“Saya selaku Dansatgas tetap akan melakukan yang terbaik dalam menjalankan tugas ini  terjun langsung ke lapangan  memimpin patroli di sepanjang  jalur Sungai Lau Borus. Saat patroli dilaksanakan ditemukan beberapa masyarakat yang menambang pasir baik secara perorangan maupun dari perusahaan yang memanfaatkan situasi seperti ini. Kita sudah sampaikan kepada pihak terkait agar tidak melanjutkan bisnis pasir tersebut dengan spekulasi mengorbankan pegawainya dalam situasi yang berbahaya,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia berharap kepada pihak yang berwenang agar mengeluarkan peraturan baik tentang zona merah maupun jalur lahar dingin, dengan tujuan agar tidak ada pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan situasi seperti ini demi untuk kepentingan sendiri dengan mengorbankan kepentingan bersama. “Sebelum terjadi korban mari kita cari langkah-langkah dan solusi terbaik dan kepada semua pihak mari sama-sama saling mengingatkan untuk keselamatan kita semua,” pungkasya. (SIB)

Advertisements
Categories: Sinabung
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: