Home > Sinabung > Sinabung Layak Jadi Bencana Nasional

Sinabung Layak Jadi Bencana Nasional

Erupsi Sinabung (Waspada)

Erupsi Sinabung (Waspada)

MEDAN: Pemerintah layak menetapkan erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, sebagai bencana nasional karena berlangsung dalam rentang waktu yang lama, kata anggota DPRD setempat. Wakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumut, Efendi Panjaitan di Medan, kemarin mengatakan, pemerintah perlu merevisi standar penentuan peristiwa untuk ditetapkan sebagai bencana nasional.

Selayaknya, standar untuk menetapkan peristiwa sebagai bencana nasional tidak hanya dilihat dari jumlah korban tewas, melainkan efek yang ditimbulkan. “Kalau pun tidak ada yang tewas, tetapi berlangsung lama dan menimbulkan kerugian besar, itu sudah bencana nasional,” katanya.

Menurut dia, Kabupaten Karo yang berupa wilayah perbukitan merupakan daerah yang sumber sayur dan buah di Sumut, bahkan diekspor ke luar negeri. Selain meruak ekonomi masyarakat dan mempengaruhi pasokan sayur dan buah, erupsi Gunung Sinabung juga mempengaruhi aktivitas daerah lain di Sumut.

“Karena itu, sudah layak erupsinya menjadi bencana nasional,” katanya. Sebenarnya, kata Efendi, peristiwa yang terjadi atas Gunung Sinabung hampir sama dengan bencana Gunung Merapi di Provinsi Yogyakarta. Namun, penanganan yang diberikan terkesan berbeda karena erupsi Gunung Sinabung masih dianggap bencana lokal, belum ditetapkan sebagai bencana nasional.

“Disana tanggap daruratnya cepat. Disini agak lambat,” katanya. Ia mengatakan, untuk mengatasi masalah itu, Pemprov Sumut diharapkan memiliki terobosan dalam menanggulangi erupsi Gunung Sinabung yang terus terjadi.

Disebabkan erupsi yang terjadi tidak diketahui batas akhirnya, Pemprov Sumut harus mampu mengoordinasikan seluruh potensi daerah dalam memberikan penanggulangan.

“Harus ada skenario, kalau bakal berlangsung sekian tahun, harus ada penanganan yang perlu dilakukan supaya masyarakat mengetahui apa yang akan dilakukan terhadap dirinya,” mantan Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sumut itu. (Waspada)

Categories: Sinabung
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: