Home > Sinabung > Sidang Kerja Sinode GBKP Usulkan Erupsi Sinabung Jadi Bencana Nasional

Sidang Kerja Sinode GBKP Usulkan Erupsi Sinabung Jadi Bencana Nasional

 Ketua Moderamen GBKP Pdt Matius Panji Barus MTh menyerahkan piagam penghargaan kepada 9 orang personalia yang telah 25 tahun melayani pada Sidang Kerja Sinode, Rabu (22/10) di RC GBKP Sukamakmur, Sibolangit.

Ketua Moderamen GBKP Pdt Matius Panji Barus MTh menyerahkan piagam penghargaan kepada 9 orang personalia yang telah 25 tahun melayani pada Sidang Kerja Sinode, Rabu (22/10) di RC GBKP Sukamakmur, Sibolangit.

SIBOLANGIT: Sidang Pleno Sidang Kerja Sinode (SKS) GBKP mengusulkan agar bencana erupsi gunung Sinabung menjadi bencana nasional, karena sejak 15 September 2013 hingga sekarang Sinabung masih menunjukkan aktivitasnya. Hal ini terus menjadi perhatian GBKP sebab bencana ini sudah memperpuruk perekonomian  mereka. untuk itulah perlu pendampingan pengungsi untuk jangka panjang termasuk masalah jaminan kelangsungan hidup dan pendidikan anak-anak pengungsi.

Hal lain tentang relokasi warga desa Bekerah, Simacem dan Sukameriah yang sampai saat ini belum terealisasi. Termasuk memikirkan nasib para warga desa Gurukinayan, Berastepu, Gamber dan Kuta Tonggal yang masih tinggal di pengungsian. Moderamen GBKP akan tetap berkordinasi dengan Pemkab Karo untuk mengusulkan masalah ini menjadi bencana nasional. Hal ini disampaikan Biro Humas dan Informasi GBKP, Pt Ir Ananta Purba di sela-sela acara  SKS, Rabu (23/10) di Retreat Center Sukamakmur, Deliserdang.
Dalam kaitan penanganan pengungsi erupsi Sinabung, GBKP telah, membangun sumur bor untuk keperluan air bersih di wilayah yang terkena dampak erupsi,  pendidikan dan pendampingan pertanian warga.
Ketua Umum Moderamen GBKP Pdt Matius Panji Barus MTh menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut bekerjasama membantu pengungsi Sinabung. GBKP  tetap menangani pengungsi di  Posko Kantor Klasis Berastagi, KWK berastagi, GBKP Berastagi Kota,  GBKP Asrama Kodim,  GBKP Simpang Enam dan  GBKP Jl. Kota Cane, katanya.
Di sisi lain Pdt Matius Panji Barus pada acara pembukaan Sidang Kerja Sinode menyampaikan adanya pertambahan majelis jemaat 514 Runggun (2013) pada tahun 2014 naik menjadi 533 Runggun, bahkan untuk pertambahan anggota jemaat sendiri 7.505 jiwa. Untuk Sidang Sinode 2015 mendatang diprediksikan ada pertambahan klasis atau distrik secara khusus untuk wilayah Karo, Medan dan Jawa.
Di sela-sela SKS tahun ini, Moderamen GBKP juga menyerahkan  piagam penghargaan  25 tahun melayani di GBKP kepada Pdt Erick J Barus DTh Apel Setia br Ginting, Pdt. Ediwaty br Ginting, Pdt Firman Barus STh, Pdt Indra Ketaren STh, Pdt Jaga Perangin-angin STh, Pdt Noni br Keliat STh, Pdt Satria Sembiring STh, dan Pdt Suria Sembiring, STh. (SIB)
Categories: Sinabung
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: