Home > Seni-budaya > 7 Evergreen Hits dari Karo

7 Evergreen Hits dari Karo

Cover album Toba Dream (indonesiakreatif.com)

Ada banyak lagu Karo yang cukup yang cukup terkenal di masyarakat. Ada lagu yang sekadar datang dan pergi namun ada pula yang awet dan selalu dikenang. Berikut ini 7 lagu karo terpopuler sepanjang masa pilihan @karo_news:

1. Mejuah-juah
Lagu ini paling dikenal seantero Tanah Karo. Ini menjadi semacam lagu wajib bagi orang Karo di manapun berada. Nadanya standar dan liriknya sederhana. Yang membuat lagu ini menjadi istimewa yaitu liriknya yang berisi doa dan harapan orang karo pada umumnya. Lagu ini biasanya dinyanyikan sebagai lagu penutup acara-acara pertemuan Karo.

2. Piso Surit
Berbeda dengan lagu Mejuah-juah yang mengobarkan semangat, lagu Piso Surit justru menebar kegalauan. Lagu ciptaan musisi legendaris Karo Djaga Depari ini berkisah tentang seorang wanita kesepian yang menantikan sang kekasih yang berjuang di medan perang.

Piso Surit ini sudah berkali-kali diaransemen ulang dan dipopulerkan kembali oleh penyanyi yang berbeda. Aransemen ulang Piso Surit yang paling dikenang adalah kolaborasi Vicky Sianipar dengan Mega Sihombing dalam album Toba Dream. Lagu ini menjadi satu-satunya lagu berbahasa Karo yang pernah nangkring di chart MTV Ampuh.

3. Perik sidua-dua
Lagu ini wajib dinyanyikan pasangan pengantin saat menggelar pesta adat yang biasanya diiringi musik kibor. Kalau bisa menyanyikan lagu ini dijamin deh saweran keluarga akan berlipat ganda. Lagu ini berkisah tentang personifikasi cinta yang diwakilkan sepasang kerbau dan burung.

4. Mbaba kampil
Lagu ini juga menjadi lagu wajib dalam pesta pernikahan dalam adat Karo. Bedanya dengan lagu Perik Sidua-dua hanyalah orang yang menyanyikannya saja. Jika lagu Perik Sidua-dua dinyanyikan oleh pasangan pengantin, lagu ini dinyanyikan oleh bibi dari pengantin tersebut. Mbaba kampil menjadi lagu pengiring ketika iring-iringan pengantin dari rumah pengantin perempuan memasuki jambur.

5. Mbiring manggis
Mbiring manggis ini menjadi salah satu ikon lagu daerah Karo di mata suku lain. Lagu yang penuh dengan keceriaan ini berkisah tentang pujian terhadap manusia berparas manis meski kulitnya agak eksotis.

6. Taneh Karo Simalem
Ini adalah lagu pengobat rindu orang-orang Karo yang berada di perantauan. Lagu ini berkisah tentang keindahan Tanah Karo yang tiada duanya yang akan selalu dirindukan.

7. Ngarap gestung api bas lau
Lagu ciptaan Mindo S ini berisi tentang keputusasaan menantikan sang kekasih. Lagu ini juga sudah berkali-ali diaransmen ulang, satu di antaranya adalah Vicky Sianipar dalam album Indonesia Beauty. Tio Fanta Pinem yang didapuk menyanyikan lagu ini berhasil membawakannya dengan manis.

Categories: Seni-budaya
  1. lida jayanti
    05/07/2012 at 8:12 am

    lagu siterang bulan si mantapp na ku akap

    Like

  2. Rachmatsys Barus
    20/04/2015 at 2:31 am

    Terima kasih untuk info 7 Evergreen lagu-lagu Karo legendaris, khususnya Lagu Perik sidua-dua yang kami ciptakan tahun 1983 silam. Saya sadar para pencipta dari ke tujuh lagu legendaris ini hanya sayalah satu -satunya masih hidup. Adapun ke tujuh lagu 7 Evergreen tersebut adalah: 1.Mejuah-juah cipt.alm.Djaga Depari 2.Piso surit cipt. alm.Djaga Depari
    3.Perik sidua-dua cipt.Rachmat sys. Barus.
    4.Maba kampil NN 5.Mbiring manggis cipt.alm. Tumbung Tambun. 6.Ngarap gestungapi bas lau cipt. alm.Lamindo Sihaloho. 7. Taneh Karo simalem.

    Like

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: