Home > Kesehatan > Dr Rehulina br Ginting: 28 Orang Positif HIV/AIDS di Padang Bulan

Dr Rehulina br Ginting: 28 Orang Positif HIV/AIDS di Padang Bulan

Ilustrasi (penyakithivaids.com)

Ilustrasi (penyakithivaids.com)

MEDAN: Sebanyak 28 orang positif HIV/AIDS dari 1.236 orang yang mengalami pemeriksaan Infeksi Menular Seksual (IMS) & Voluntary Conseling dan Testing (VCT) di Puskesmas Padang Bulan selama Januari-Agustus 2014.

Kepala Puskesmas Padang Bulan Medan, dr Rehulina br Ginting kepada wartawan di Medan, Rabu (24/9) menyebutkan, khusus untuk pemeriksaan IMS ada 320.

Yang melakukan konsuling dan pemeriksaan  kata Rehulina, terdiri dari wanita pekerja seks (WPS) yang melakukan pemeriksaan sebanyak 195 orang, positif HIV/AIDS 4 orang. Waria 4 orang, positif HIV/AIDS 1 orang. Pelanggan pekerja seksual sebanyak 140 orang.

Pasangan risti sebanyak 349 orang, positif HIV/AIDS 3 orang. Laki-laki sesama laki-laki (LSL) sebanyak 67 orang, positif HIV/AIDS 7 orang, yang memakai narkoba 121 orang, positif HIV/AIDS 11 orang, dan lain-lain sebanyak 360 orang, positif HIV/AIDS 2 orang. “Jumlahnya semua mencapai 1.236 orang dan positif HIV/AIDS mencapai 28 orang,” ujarnya.

Ia menambahkan, pasien 28 orang yang terkena HIV/AIDS positif sudah dianjurkan untuk meminum ARV. Bagi pasien HIV/AIDS yang stadium lanjut, otomatis pihak Puskesmas langsung merujuk ke RSUP H Adam Malik Medan untuk ditangani lebih lanjut. “Obat ARV gratis dari pemerintah,” jelasnya.

Rehulina mengakui pegawainya mensosialisasikan dan melakukan pemeriksaan IMS & VCT ke beberapa tempat seperti oukup, universitas, sekolah dan rumah-rumah penduduk yang ada di wilayah kerja Puskesmas Padang Bulan.

“Dari hasil sosialisasi kita bisa mengetahui apa saja penyakit yang dideritanya dan segera kita mengobatinya,” ungkapnya.

Dikatakannya, Puskesmas Padang Bulan bekerjasama dengan 5 lembaga peduli HIV/AIDS di Medan seperti LSM Jarkon, LSM Galatea, LSM Medan Plus, LSM H2O, LSM Caritas dan instansi lainnya untuk menangani pasien IMS & HIV/Aids ini.

Rehulina menambahkan lima penyakit terbesar selama bulan Januari-Agustus yang ditangani Puskesmas Padang Bulan yaitu, ISPA mencapai 9.729 orang, rongga mulut 1.560 orang, hipertensi mencapai 1.289 orang, diabetes  663 orang, dan infeksi saluran pencernaan 665 orang. (SIB)

Categories: Kesehatan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a comment